Tanda Healingmu Berhasil

healing Jun 13, 2024

Seringkali kita tak menyadari sejauh mana kita telah maju atau berhasil dalam proses penyembuhan kita sampai ketika segala sesuatunya menjadi rumit namun kita menghadapinya dengan jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Hidup dengan penuh kesadaran adalah hidup disaat kita menerima alur kehidupan dengan segala suka dan duka—tanpa kehilangan kedamaian.

Kita tahu bahwa manusia tidak sempurna. Jadi who am I gosipin orang yang sukses dengan mengatakan dia pakai entitas bawah atau si B pakai tuyul atau komentar konyol lainnya yang btw sebenarnya akar dari pola pikir ini adalah jealousy atau iri hati yang merupakan salah satu blok seputar uang dan juga percintaan, aku akan bahas hal ini di video lain.

Berikut adalah tanda bahwa healing atau penyembuhan yang mendalam sedang terjadi dalam diri kita:

 

Kita bertanggung jawab atas pengalaman kita. 

Setelah kita mengambil alih hidup kita, segalanya berubah. Bukan lagi orang lain yang membuat kita merana alias menjadi victim—kita tahu bahwa perjalanan pemulihan kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Kita membentuk kehidupan yang kita inginkan dan tidak membiarkan keadaan mengubah kita. Alias keadaan diluar kita mengontrol hidup kita seperti remote control siapapun bisa pencet tombol kita dan bikin kita menyesuaikan dengan perintah itu entah marah sedih happy dll.

 

Kita tidak melarikan diri dari perasaan kita. 

Kita bertanggung jawab untuk merawat perasaan kita. Hanya kita yang dapat memberikan kedamaian pada diri kita sendiri.  Kita mengembangkan kemampuan untuk tetap hadir seutuhnya now now now walaupun disaat adanya kemarah ataupun ketakutan kita bisa menyelesaikan siklus emosi ini tanpa terperangkap dalam pikiran dan cerita tentang mereka.

 

Di PAK atau proses aktivasi kundalini aku mengajarkan bagaimana cara untuk bisa duduk bersama rasa2 ini dan menyelesaikan siklusnya kan prinsip dasarnya itu feel it to heal it alias dirasakan untuk bisa disembuhkan jangan lagi melarikan diri dari perasaan kita ini. Hidup itu penuh dengan momen sulit, tetapi kita memiliki kekuatan 100% untuk bagaimana kita meresponsnya dan menjadi master dalam hal ini seperti rainbow child biasanya mereka terlahir dengan kemampuan (emotional master). 

 

Kita lebih sabar. 

Ketidaksabaran adalah bentuk dari tidak bisa menerima dan hadir seutuhnya di saat ini. kita hanya ingin berada di masa depan, bukan di tempat kita sekarang.

Saat kita sembuh, momen sekarang menjadi harta kita, dan masalah-masalah kecil dalam hidup adalah kesempatan untuk tumbuh dan memperbaiki diri.

 

Kita lebih berbelas kasihan. 

Ketika luka kita sembuh, kita menjadi sumber cinta, kasih sayang, dan kebaikan. Setiap langkah ke depan, kita memperluas belas kasihan kita ke lingkaran yang lebih luas—hingga suatu hari kita peduli pada semua makhluk hidup.

Kita lebih mudah untuk memahami bahwa semua manusia mengalami sukacita dan penderitaan yang sama. Semakin banyak kedamaian batin yang kita rasakan, semakin banyak kasih sayang yang akan kita tawarkan.

 

Kita lebih banyak waktu merawat diri. 

Jika kita tahu bagaimana cara merawat tubuh dan pikiran kita, dan kita sudah melayani dunia dan diri kita sendiri. Pikiran dan tubuh terhubung satu sama lain—salah satunya tidak dapat sembuh tanpa yang lain. Kita tahu alat-alat yang paling efektif untuk merawat dunia dalam diri kita. kita memberi makan tubuh kita dengan makanan sehat bukan junk food atau makanan olahan kemudian rajin melakukan gerakan yang teratur bisa shaking misalnya atau yoga dan merawat batin kita dengan apapun alat atau tools yang kita rasakan mudah dan praktis.



Kita lebih hadir daripada berada dalam otomatis. 

Kesadaran adalah keputusan untuk merasakan diri dan hidup kita sebagaimana adanya. Sebagian besar waktu yang kita biasanya dihabiskan dengan mengkhawatirkan sesuatu ataupun seseorang, berpikir secara ekstensif, merencanakan tapi tidak dilakukan dll. Kita bahkan tidak menyadari bahwa kita hidup secara autopilot, berangkat kerja aja gak mikir tahu-tahu sampai kantor, belanja online tahu-tahu banyak aja atau bahkan mengambil keputusan besar tanpa sadar hayuk aja pokoknya….

Ingat semakin kita gak sadar dalam menjalani hidup kita semakin rendah level kesadaran kita maka semakin hidup kita terasa seperti neraka.

 

Kita menerima masa lalu kita. 

Kita pernah melakukan hal-hal yang salah, tetapi kita menyadari bahwa saat ini adalah yang kita miliki. Berdamai dengan masa lalu memberi kita kekuatan untuk melepaskan dan menjadi diri baru. Masa lalu tidak lagi memiliki kekuasaan atas keadaan mental dan reaksi kita. kita memahami dengan dalam bahwa kita lebih dari apa yang terjadi di masa lalu. Atau siapa diri kita tidak ditentukan oleh masa lalu kita.

 

Kita memahami pemicu emosi kita. 

Dalam perjalanan penyembuhan, kita perlahan-lahan mulai mengenal dan memahami diri kita. Melihat lebih dalam lagi dan memungkinkan kita untuk mengeksplorasi apa yang membuat kita menjadi diri kita. Kenapa aku dari damai kok tiba2 sewot gara2 A oh A itu mentrigger aku bahwa aku punya rasa cemburu nih, oh rasa cemburu ini karena aku merasa less then atau kurang baik, gak pede, or apapun itu silahkan dikenali dan ditelusuri kenapa kita mengambil sebuah aksi? Apakah pendorongnya itu karena ego atau wound/luka atau rasa cemburu misalnya makanya melakukan aksi ABCD? Semakin kita sadar akan hal ini semakin kita memiliki kekuatan atas diri kita. Tanpa memahami apa yang membuat kita bergerak, kita akan mengulangi kesalahan kita itu berulang-ulang.

Keharmonisan datang ketika kita mengenal dan memahami diri kita dengan dalam.

 

Kita dengan sengaja memilih perilaku kita lebih sering. 

Emosi sementara tidak mengontrol tindakan kita. kita belajar mengamati dialog dalam diri kita dan berhenti sebelum bereaksi.

Melakukan jeda memberi ruang bagi peluang.

Peluang untuk menghentikan perilaku beracun seperti percakapan negatif tentang diri sendiri atau meluapkan kemarahan dengan cara merusak sesuatu yang pastinya akan kita sesali setelahnya. Dan setelah kita melakukan jeda, kita memiliki kebebasan untuk melanjutkan apa yang kita lakukan atau melakukan yang lebih baik.



Kita memahami bahwa pemikiran kita memengaruhi bagaimana perasaan kita. 

Katalis terbesar untuk perubahan adalah hubungan yang kita miliki dengan pikiran kita. Pikiran yang kita perhatikan secara mendalam memengaruhi siapa kita. Menyadari ini membuat kita lebih sering mengamati pikiran kita dan memilih mana pikiran yang melayani kita serta mengungkapkan mana yang bukan kebenaran.

Jangan lupa: Pikiran kita adalah ratu drama! Jadi jangan biarkan pikiran menguasai dunia kita.

Healing atau penyembuhan yang dalam dan kedewasaan emosional dimulai ketika kita memusatkan perhatian ke dalam.

Jadi silahkan teman-teman untuk ambil langkah pertama menuju pemulihan hari ini dan lihat ke dalam. Apa yang memerlukan perhatian? 

Karena ketika kita menyembuhkan diri kita, semua orang di sekitar kita mendapat manfaat. Ketika kita menyembuhkan diri kita, kita menyembuhkan sebagian kecil masyarakat juga.

Subscribe to get tips and tricks to level up your skills.