KH Blog

Di Kunci Hidup, kami berdedikasi untuk membantu kamu membuka potensi penuh dari pikiran, tubuh, dan jiwa. Melalui ajaran transformatif kami, kami membimbing kamu untuk terhubung lebih dalam dengan diri sendiri, melepaskan keyakinan yang membatasi, dan merangkul kehidupan yang penuh kelimpahan dan tujuan. Setiap artikel di blog ini dirancang untuk menginspirasi, mendidik, dan memberdayakan perjalananmu menuju penemuan diri dan pertumbuhan pribadi.

Reparenting Anak Batin 👉🏽 Apa Artinya dan Bagaimana Melakukannya?

innerchild Jun 21, 2024

Lahir dari orang tua yang tidak sepenuhnya sadar atau setengah sadar menempatkan kita dalam situasi di mana kita menerima sebagian dari luka batin mereka.

Dengan kata lain, pengasuh utama kita secara tak terelakkan meneruskan rasa sakit batin yang belum mereka sembuhkan.

Sebagai anak-anak, semua kebutuhan emosional kita tidak mungkin akan selalu terpenuhi. Hal itu tidak mungkin.

Dan, kita mengalami berbagai hal yang bisa dianggap traumatis.

  • Menangis tanpa henti dan tidak ada yang datang untuk menenangkan.
  • Ayah atau Ibu berteriak pada kita untuk sesuatu yang tidak kita lakukan.
  • Orang tua berteriak satu sama lain dalam sebuah argumen.
  • Ingin dipeluk dan dicintai, tetapi semua orang sibuk.
  • Mengalami kehilangan orang tercinta.
  • Segala jenis penyalahgunaan (emosional, mental, fisik, seksual).
  • Penyakit atau cedera.
  • Kecelakaan.
  • Bahkan saat lahir melalui jalan lahir. Itu mungkin tidak menyenangkan bagi bayi.
    Dan banyak peristiwa sedih dan traumatis lainnya.

Hari ini, aku ingin fokus lebih pada anak batin kita yang menggemaskan dan “membesarkan kembali” atau bahasa inggrisnya reparenting mereka sebagai orang dewasa yang lebih sadar dan matang.

Apa Itu Membesarkan Kembali?

Membesarkan kembali (reparenting) adalah istilah dalam psikologi yang pada dasarnya berarti meluangkan waktu sebagai orang dewasa untuk “membesarkan kembali” anak batin yang terluka yang tidak mendapatkan kebutuhannya terpenuhi atau mengalami trauma. Membesarkan kembali memungkinkan kita untuk mengenali bagian dari diri yang terluka (terfragmentasi, terpisah) dan memungkinkan untuk menyembuhkan dan mengintegrasikan bagian-bagian tersebut.

Sebagai hasilnya, kita berjuang lebih sedikit dengan emosi negatif (kesedihan, kemarahan, kecemasan, dll.) dan bisa memilih perilaku yang lebih matang sebagai orang dewasa. (Kurang tantrum, keterampilan mengatasi negatif, menutup diri, membanting pintu, berteriak, dll.)

Membesarkan kembali adalah mendengar, melihat, dan mencintai anak batin kita tanpa syarat hari ini dengan cara yang kita inginkan dulu, tetapi tidak mendapatkannya. (Setidaknya pada tingkat yang kita inginkan atau butuhkan)

Bagaimana Masa Kecilmu?

Di usia 20-an dan 30-an, aku dulu berpikir aku memiliki masa kecil yang indah. Namun, ketika aku mulai melakukan beberapa Healing Inner Child, dan benar-benar merenungkan masa kecil, mataku mulai terbuka pada beberapa kebenaran yang mengejutkan.

Ayahku dan ibuku bercerai serta berjuang dengan depresi klinis dan kecemasan. Mereka ada, tetapi mereka tidak benar-benar ada. Mereka tenggelam dalam rasa sakit emosional. Ayah mengobati rasa sakit itu dengan sibuk bekerja dan Ibu tidak tahu cara mengatasinya dengan cara yang sehat juga.

Bagaimana mereka bisa sepenuhnya hadir untuk memenuhi kebutuhan emosionalku ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri?

Aku tidak menyalahkan atau memiliki dendam terhadap mereka. Aku sangat mencintai dan menghargai mereka. Mereka benar-benar melakukan yang terbaik yang mereka bisa di tingkat kesadaran dan tingkat rasa sakit mereka. Dan, aku masih berpikir mereka melakukan yang terbaik dengan keadaan rasa sakit yang mereka alami.

Namun, aku tumbuh dengan mengadopsi beberapa keterampilan mengatasi yang tidak sehat. Aku tidak belajar bagaimana berkomunikasi atau terhubung secara otentik dan mendalam dengan orang lain. Hubungan kami adalah "dipermukaan" saja.  Aku menghabiskan banyak waktu sendirian, dan mandiri. Aku juga memilih untuk menjadi "gadis baik" agar tidak membuat lebih banyak riak dalam rumah tangga.

Aku mengadopsi beberapa keterampilan mengatasi (mekanisme pertahanan) yang melayani aku saat itu, tetapi sebagai orang dewasa? Nope.....

Mereka tidak lagi melayani aku dengan baik.

  • Aku sangat mandiri (mengendalikan dalam tingkat yang besar. Mengendalikan membuat aku merasa aman).
  • Aku membenci konflik dan lebih memilih menekan perasaan aku daripada bersikap otentik dan berbicara.
  • Aku menjadi bergantung pada anak-anakku. Kebahagiaanku bergantung pada mereka dan "kebutuhan" mereka terhadap aku. Rasa harga diri aku berasal dari tingkat kebahagiaan mereka. 
  • Aku menutup diri secara emosional. Tidak tahu bagaimana merasakan perasaan aku dan tentu saja tidak ingin merasakan perasaan yang menyakitkan. (Ini juga menyebabkan aku tidak bisa merasakan perasaan bahagia pada tingkat tertentu)

Bagaimanapun, mari kita kembali ke reparenting.

Ada empat “pilar” pembesaran kembali:

  1. Disiplin
  2. Kebahagiaan
  3. Regulasi Emosi
  4. Perawatan Diri

Ketika aku mulai melakukan Healing Inner Child, hal-hal ini mulai berubah. Seiring waktu, aku belajar bagaimana menjadi orang yang disiplin. Aku mulai mempraktikkan perawatan diri. Aku mulai melakukan hal-hal yang aku sukai dan bersenang-senang. Dan, aku mulai belajar bagaimana mengidentifikasi, merasakan, dan mengekspresikan emosi aku. (Ini masih proses yang sedang berjalan!)

Apakah kamu melihat dalam dirimu bagaimana anak batin mungkin membawa luka yang belum sembuh?

Apakah kamu berjuang dengan emosi negatif? Reaksi berlebihan? Siklus berulang? PTSD? Kecemasan atau depresi kronis? Kemarahan?

Jika ya, aku ingin mendorong kamu bahwa kamu bisa mulai "menghapus" hal-hal yang tidak lagi melayani kamu. Dan, belajar hal-hal yang melayani kamu.

Dengan kata lain, penyembuhan pada tingkat yang lebih dalam.

Sekarang, mari kita bahas bagaimana kamu bisa mulai "membesarkan kembali" diri sendiri:

Cari Terapis
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari proses pembesaran kembali dan penyembuhan anak batin, sebaiknya mencari terapis yang akrab dengan jenis pekerjaan ini. Kamu bisa melakukan ini sebagai perjalanan yang diarahkan sendiri, tetapi sangat bermanfaat memiliki ahli yang membimbing melalui proses ini. Aku menghabiskan bertahun-tahun melakukannya sendiri, tetapi itu hanya membawa aku ke tingkat penyembuhan tertentu. Ternyata beberapa bagian dari anak batinku sangat suka bersembunyi sangat dalam, dan aku membutuhkan bantuan untuk menemukannya dan terhubung kembali!Bagi aku, uang yang diinvestasikan dalam terapi sangat membantu. Aku butuh beberapa kali mencoba untuk menemukan terapis yang tepat untuk aku. Teruslah mencoba sampai kamu menemukan yang cocok denganmu ya say.

Akui Anak Batinmu
Afirmasi bahwa kamu memiliki anak batin. Mungkin ada luka di beberapa area, jadi akui ini dan berkomitmen untuk melakukan kerja penyembuhan anak batin. Ini adalah proses!

Bersikap Lembut
Aku mengabaikan anak batin aku selama bertahun-tahun, terutama karena aku tidak bisa mengingatnya. Aku lupa begitu banyak. Aku terputus dari dia, dari kenyataan. Akibatnya, dia merasa ditinggalkan. Seorang gadis kecil yang tersesat sendirian.

Namun ketika aku mulai mengingat dan terhubung kembali, ketika aku menemukannya, aku harus bersikap lembut dan pelan-pelan. Dia tidak mudah percaya dan siapa yang bisa menyalahkannya?

Jadi bersikap lembutlah saat kamu mengingat dan terhubung kembali dengan anak batinmu. Penyembuhan adalah proses dan perjalanan, dan banyak pelajaran akan dipelajari sepanjang jalan.

Cari Tahu Apa yang Tidak Kamu Pelajari Saat Kecil
Aku tumbuh tanpa tahu bagaimana terhubung secara intim dengan orang lain. Semua itu permukaan, karena aku memakai topeng kecilku sepanjang hari, setiap hari. Komunikasi otentik adalah sesuatu yang tidak aku pelajari, jadi membesarkan kembali bagi aku berarti aku belajar dan mempraktikkan keterampilan itu. Bertahun-tahun dalam proses penyembuhan aku, masih menantang bagi aku untuk mengatakan kebenaran aku. Aku masih dalam proses.

Apa yang tidak kamu pelajari dulu yang bisa kamu pelajari hari ini yang akan membuat hidupmu lebih baik? Hubunganmu lebih baik?

Penyelesaian konflik? Tanggung jawab? Bagaimana cara memiliki percakapan yang sehat? Bagaimana cara mengelola emosimu? Bagaimana cara merasakan emosimu? Bagaimana cara mempraktikkan empati?

Apa yang mungkin perlu kamu pelajari ulang?

Pola

keyakinan negatif? Kritik? Keraguan diri? Kebencian diri? Agresi? Manipulasi? Kebencian? Ketakutan? Kekurangan? Pikiran bahwa kamu tidak baik? Tidak cukup? Tidak berharga? Gagal? Tidak berguna?

Semua hal itu tersimpan dalam fragmen kecil yang ingin kamu rasakan, hadapi, sembuhkan, dan integrasikan.

Isi Kekosongan
Karena kamu tidak mendapatkan semua keinginan dan kebutuhanmu terpenuhi saat kecil, isi kekosongan itu hari ini. Secara sadar maju dengan memvalidasi emosi kamu, bermain-main, penasaran, disiplin, dan sesuai dengan batasan batin kamu.

Terhubung dengan Anak Batinmu
Salah satu cara untuk terhubung kembali dengan anak batinmu adalah dengan menutup mata dan membawa perhatian ke dalam diri. Pindai tubuh emosional kamu untuk mencari rasa sakit. Apakah kamu merasakan depresi? Kecemasan? Kesedihan?

Di mana kamu merasakannya? Di perut? Dada?

Tanyakan padanya, “Apa yang ingin kamu katakan? Apa pesan yang ingin kamu sampaikan?”

Kamu bisa membayangkan dirimu kecil jika kamu mau. Lihat anak laki-laki atau perempuan kecil itu dalam kesakitan dan ingin terhubung denganmu. Tanyakan padanya apa yang dia butuhkan darimu.

Dia mungkin menunjukkan insiden yang menyakitkan baginya. Dia mungkin ingin kamu datang padanya dan memeluknya. Katakan padanya kamu menyesal dia harus melalui itu. Dengarkan dia. Lihat dia. Validasi emosinya. Kemudian, yakinkan dia bahwa semuanya baik-baik saja sekarang. Bahwa masa lalu sudah berakhir, dan dia bisa melepaskan rasa sakit itu. Bahwa kamu yang dewasa sekarang akan melindunginya.

Kamu mungkin ingin menulis jurnal tentang ini atau melakukan beberapa meditasi. Aku akan membahas lebih mendalam tentang dialog batin dalam artikel berbeda. Untuk sekarang, pertimbangkan untuk lebih sering terhubung dengan anak batinmu saat kamu merasa emosional. (Daripada secara otomatis bereaksi melalui programmu)

Mempraktikkan mindfulness telah membantu aku tetap berada di momen sekarang dan masuk ke dalam diri saat aku merasa emosional. Daripada merenung di masa lalu atau khawatir tentang masa depan, aku tetap berada di sekarang. Aku menelusuri dalam diri untuk memindai dan menanyakan apa yang terjadi di sana.

Itu membantu!

Biasakan Bertanya, “Bagaimana Aku Bisa Menyayangi Diriku Hari Ini?”
Kamu adalah orang yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhanmu sebagai orang dewasa.

Mungkin saat kecil, semua kebutuhanmu tidak terpenuhi. Tetapi hari ini, sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab, kamu bisa menemukan cara untuk memenuhinya. Biasakan menyayangi dirimu sendiri secara emosional, fisik, dan spiritual. Tanyakan dalam diri untuk melihat apa yang diinginkan/dibutuhkan anak batinmu. (Pikirkan mindfulness, meditasi, mandi air hangat, berjalan di alam, membaca, liburan, kesendirian, atau hal-hal lain yang menyayangi kamu)

Mudah sekali dalam masyarakat yang sibuk saat ini untuk hidup dalam mode autopilot. Bergegas dari satu tempat ke tempat lain, lupa tentang dirimu yang otentik dan spiritual. Luangkan waktu secara teratur untuk tenang. Bernapas. Masuk ke dalam diri. Sayangi anak batinmu dengan banyak cinta, tawa, validasi, dan waktu. Itu akan membuat perbedaan dalam kualitas hidupmu.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat dari membesarkan kembali diri sendiri atau melihat terapis untuk membantu perjalanan pembesaran kembali.

Manfaat seperti:

Menemukan kebutuhan yang tidak terpenuhi saat kecil, dan memenuhinya sekarang.
Belajar bagaimana merasakan keinginan dan kebutuhan saat ini.
Mampu mengungkapkan kebenaran tanpa khawatir menyebabkan konflik.
Meningkatkan kemampuan untuk menikmati keterikatan yang aman.
Percaya bahwa kamu tidak akan ditinggalkan.
Terbuka dalam kerentanan.
Merasa seperti alam semesta mendukungmu; kamu tidak sendirian.
Merasa lebih bahagia, lebih bermain, dan lebih damai.
Merasa seperti kamu CUKUP.
Terhubung dengan emosimu dan mampu mengelolanya dengan cara yang sehat.
Benar-benar merasakan emosimu (daripada menekan atau "menutup" diri).
Itu adalah beberapa alasan bagus untuk membesarkan kembali.

Aku bisa bersaksi bahwa proses pembesaran kembali bisa membantu secara besar-besaran. Ini terutama membantu aku menyembuhkan beberapa luka lama dan belajar mekanisme mengatasi yang lebih baik. Itu juga membantu aku lebih terhubung dengan emosi, daripada tetap "terputus" dari mereka atau menekannya. Jenis mengatasi itu tidak lagi melayani aku.

Aku ingin mencatat bahwa sekitar sepuluh tahun yang lalu aku melakukan beberapa kerja penyembuhan anak batin. Itu membantu aku dengan baik saat itu. Namun, aku kembali melakukan beberapa pembesaran kembali hari-hari ini, bekerja pada area yang berbeda yang tidak aku kerjakan saat itu.

Bagian-bagian tersembunyi yang terluka akan mengirimkan pesan, ingin kamu menemukan dan melakukan kerja penyembuhan batin untuk mengintegrasikan mereka. Ini adalah praktik seumur hidup bagi kebanyakan orang. Dan, itu tidak apa-apa.

Teruslah melakukan kerja penyembuhan batin. 

Jika kamu ingin belajar lebih banyak tentang re-parenting innerchild , silahkan untuk mengikuti Workshop Healing Inner Child. Ini adalah kursus penyembuhan diri yang komprehensif yang mengintegrasikan penelitian terbaru tentang trauma, psikologi, dan pengalaman langsung untuk membimbing dalam perjalanan menuju penemuan diri dan penyembuhan. Kursus ini juga dilengkapi dengan buku jurnal inner child. Jurnal ini akan menantang, memprovokasi, memicu, dan membuat kamu menyelami lebih dalam. Jurnal ini hanya untuk para pencari spiritual yang paling berani, tulus, dan berdedikasi. Mohon perhatikan peringatan ini dan pahami betapa beratnya pekerjaan ini.