Menyembuhkan Wetiko, Virus Pikiran yang Menghantui Dunia Kita

May 29, 2024

Apa itu Wetiko?

Wetiko adalah istilah dari masyarakat adat Amerika yang menggambarkan virus pikiran yang beroperasi melalui titik-titik buta psikologis. Wetiko bekerja diam-diam melalui kecenderungan proyeksi pikiran kita, mempengaruhi cara kita menafsirkan dunia sehingga kita tanpa sadar menjalankan agendanya, yang bertentangan dengan kepentingan kita.

Saat terinfeksi oleh wetiko, kita memukau diri sendiri dengan proyeksi terhadap dunia, secara tidak sadar menghipnotis diri dalam prosesnya. Sebagai peniru ulung, wetiko tidak memiliki kreativitas intrinsik, tetapi menggunakan sifat kreatif kita untuk merugikan kita.

Narasi dan Bahaya Tidak Bisa Melihat Gambaran Yang Lebih Besar

Narasi kita—cerita yang kita ceritakan kepada diri sendiri tentang dunia—membentuk cara kita sendiri dalam memahami dunia. Narasi ini bisa memikat pikiran, dan membuat kita sulit untuk menerima bukti yang bertentangan dengan sudut pandang kita, yang disebut sebagai "bias narasi".

Sebagian dari kita merasa putus asa dan pesimis karena agenda gelap yang terlihat jelas di dunia saat ini. Ada banyak bukti nyata yang mendukung sudut pandang pesimis ini. Namun, ada juga yang percaya bahwa kebaikan akan muncul dari mimpi buruk kolektif yang kita alami, meskipun pandangan ini terlihat naif bagi mereka yang pesimis.

Jika terjebak dalam pesimisme, seseorang akan melihat dunia melalui lensa yang mengkonfirmasi pandangan pesimis. Hal ini akan menciptakan siklus yang terus-menerus memperkuat pesimisme, dan menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Wetiko menginspirasi dan memakan sikap yang terlalu pesimis.

Sebaliknya, mereka yang memegang pandangan optimis mungkin akan menolak melihat sisi gelap dunia karena takut akan memberikan makan kegelapan atau merasa terlalu stres. Namun, sikap optimis yang berlebihan juga bisa membuat mereka tidak siap menghadapi kenyataan gelap, sehingga wetiko juga memanfaatkan sikap ini.

Kedua sudut pandang ini—pesimis dan optimis—bisa valid tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Semua kemungkinan ada dalam keadaan superposisi kuantum, dan realitas yang terwujud bergantung pada respons kreatif kita.

Memegang Ketegangan Kedua Ekstrem

Memegang ketegangan antara dua sudut pandang yang berlawanan adalah kekuatan yang kita miliki. Biasanya akan melibatkan kita harus keluar dari logika biner—yang melihat sesuatu sebagai benar atau salah—ke dalam logika kuantum atau logika yang lebih luas, yang mampu melihat sesuatu sebagai benar dan salah pada saat yang sama.

Kemampuan untuk melihat kedua kemungkinan ini membantu kita memahami gambaran besar dan mengembangkan perspektif yang lebih komprehensif. Ini adalah kekuatan superhero yang kita miliki, baik sadar maupun tidak. Dengan begitu kita dapat terhubung lebih intim dengan keutuhan kita dan mengatasi bias narasi kita.

10 Langkah untuk Penyembuhan Batin dari Wetiko

1. Kesadaran : Tingkatkan kesadaran tentang pengaruh wetiko dalam hidup dan dunia. Amati pola dan perilaku negatif dalam diri sendiri dan orang lain, serta pahami motivasi di baliknya.

2. Refleksi Diri : Lakukan eksplorasi diri untuk memahami motivasi dan kecenderungan bawah sadar. Menulis jurnal, terapi, dan introspeksi dapat membantu dalam proses ini.

3. Kewaspadaan : Latih kewaspadaan untuk mengamati pikiran dan emosi tanpa penilaian. Kesadaran ini dapat membantu melepaskan pola negatif dan menumbuhkan kedamaian serta kesejahteraan.

4. Shadow Work : Integrasikan aspek bayangan—bagian bawah sadar dari diri yang ditolak dan diproyeksikan ke orang lain. Rangkullah dan integrasikan aspek-aspek ini ke dalam kesadaran. Saya memiliki jurnal shadow work dalam bahasa Indonesia yang sangat bagus dan lengkap serta membantu merubah hidup banyak orang menjadi lebih mawas diri.

5. Hubungan : Renungkan hubungan dan peran wetiko di dalamnya. Kembangkan hubungan yang lebih dalam dan autentik dengan kejujuran dan kerentanan, serta tetapkan batasan untuk melindungi kesejahteraan.

6. Kerja Batin : Lakukan terapi atau praktik spiritual untuk menyembuhkan luka masa lalu dan mengintegrasikan aspek bawah sadar. Ini memperdalam pemahaman tentang diri sendiri dan pengaruh wetiko. Bisa juga mencoba workshop 33 KHC , di mana selama 33 hari teman-teman akan dibimbing untuk melakukan inner work secara terpadu. Memulai Perjalanan Keaslian Jiwa, dengan sistem drip atau setiap hari selama 33 hari ke depan akan dikirim pelajaran dan tugas yang secara istimewa diformulasikan untuk transformasi hidup yang interaktif dan terasa seperti dibimbing langsung oleh coach transformational.

7. Rasa Syukur : Kembangkan rasa syukur untuk mengalihkan fokus dari negatif ke positif. Bangun rasa keterhubungan dengan orang lain dan dunia, menumbuhkan kegembiraan, kedamaian, dan kesejahteraan.

8. Pelayanan : Layani orang lain dan buat dampak positif di dunia. Koneksi dengan orang lain ini membawa tujuan dan kepuasan.

9. Komunitas : Terhubung dengan orang-orang yang memiliki nilai yang sama dan mendukung pertumbuhan serta penyembuhan. Komunitas yang mendukung memberikan dorongan dan panduan untuk perubahan positif.

10. Keberanian : Hadapi tantangan dan rintangan dalam perjalanan penyembuhan. Hadapi kebenaran yang sulit dan lakukan perubahan yang tidak nyaman dengan tekad untuk mengatasi rintangan.

Mengenali dan menangani wetiko adalah hal penting untuk penyembuhan dan transformasi. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengaruh negatif wetiko bisa diatasi dan kehidupan yang lebih bermakna serta memuaskan bisa dijalani, berkontribusi pada dunia yang lebih sadar dan harmonis.

Subscribe to get tips and tricks to level up your skills.